IT Forum

Pernah mendengar Raspberry Pi? Raspberry yang ini bukan buah loh. Mengutip dari wikipedia Raspberry Pi, sering disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (single-board circuit; SBC) yang seukuran dengan kartu kredit. Anda dapat melakukan hal-hal seperti mengedit dokumen, memutar video, memutar musik, coding dan banyak hal lainnya.

Dengan ukuran yang bisa dibilang mini dengan spesifikasi terbatas, Raspberry Pi tidak akan se-powerfull seperti PC desktop.

Ditenagai oleh aneka sistem operasi, seperti Rasobian dan OSMC, Raspberry Ppi bisa menjadi perangkat yang sesuai dengan keinginan usernya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Raspberry Pi

  1. Sebagai komputer desktop mini

Fitur dan penggunaannya pun bisa di manfaatkan layaknya komputer desktop walaupun tetap belum bisa menandingi komputer desktop berbasis CPU Intel.

  1. Sebagai file server

Kita dapat berbagi file film, dokumen, music atau foto-foto lain dimana saja dan kapan saja.

  1. Sebagai download server

Dengan Raspberry, penggunanya bisa melakukan pengontrolan dan pengelolaan file yang di download via web, baik web browser desktop, smartphone ataupun tablet.

  1. Sebagai access point

Device Raspberry saat ini bisa dijadikan sebagai access point dengan menancapkan adapter Wi-Fi yang kompatibel.

  1. Sebagai server DNS

Bisa menjadikan server DNS pada Raspberry Pi sebagai pengganti server DNS ISP yang melambat dengan bantuan aplikasi seperti BIND9 atau djbdns.

  1. Sebagai multimedia player

Manfaat lain dari RaspPi adalah sebagai media player untuk menonton film, mendengarkan music, melihat foto, menonton youtube atau bermain social media dengan menggunakan TV Lawas kita sebagai monitornya.

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.