IT Forum

Android adalah sistem operasi yang paling populer dan ini dibuktikan melalui fakta bahwa Android menyumbang hampir 86% saham penjualan di pasar smartphone. Mengapa Android dapat menjadi pemeran utama di penjualan pasar? Yaitu, karena open source dan sangat fleksibel. Juga, Android dapat memuat ratusan aplikasi di dalamnya.

Anda pasti juga salah satu pengguna Android, bukan? Sebagai pengguna, Anda mungkin ingin memanfaatkan seluruh perangkat  dalam Android secara maksimal. Maka dari itu, Inixindo akan memberikan tips dan trik terbaik mengenai Android yang harus Anda ketahui sekarang. Tips ini akan membuat Anda lebih pintar dan mengubah cara Anda berinteraksi dengan smartphone atau Android Anda. 

1. Instal Linux di Ponsel Android Anda tanpa Root

Anda akan terkejut jika baru mengetahui bahwa sebenarnya sangat mungkin bagi Anda untuk membuka Linux Interface dan Command Prompt di Android Anda. Sekarang, untuk menginstall Linux di Android selalu menjadi hal yang membosankan dan seringkali membutuhkan root. Tetapi kali ini, tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk melakukan itu tanpa root atau keterampilan khusus lainnya.

Lalu bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Ya! Hanya dengan menggunakan aplikasi Debian Noroot.Pada dasarnya  adalah sistem operasi berbasis Linux yang memungkinkan pengguna untuk menginstall LibreOffice, GIMP, dan perangkat lunak open source lainnya melalui APT (Advanced Package Tool) dan memanfaatkan hal yang sama.

Pertama-tama instal aplikasi tersebut melalui PlayStore, lalu buka saja seperti aplikasi lain dan biarkan untuk mengunduh paket lengkap untuk instalasi yang lengkap pula. Anda akan melihat interface desktop yang memungkinkan Anda untuk mengunduh dan menginstal program atau permainan tertentu seperti versi Linux lainnya. Meskipun demikian, ada kemungkinan tak terbatas untuk dieksplorasi jika Anda bosan dengan Android Anda.

2. Lacak Smartphone Android Anda

Pernahkah Anda kehilangan ponsel? jika ya, maka Anda mungkin memiliki pengalaman kurang menyenangkan. Terkadang memang kita lupa dalam mengamankan ponsel dengan baik, dan jika sudah hilang, tidak ada cara lain untuk mendapatkannya kembali kecuali menggunakan  Find My Phone Google.

Bagian terbaik dari Android adalah jika Anda menambahkan Akun Google ke perangkat Android Anda, maka Find My Phone dihidupkan secara otomatis. Jadi, setiap kali Anda kehilangan perangkat, langsung saja ke android.com/find di browser dan masuk dengan akun Google yang sama. Sekarang, Anda dapat melihat lokasi Android Anda dan dapat menghapus semua data dari jarak jauh, menguncinya dengan pesan atau membuatnya berdering keras (bahkan jika dalam mode senyap), asalkan jika Android Anda memiliki akses internet dan lokasi yang aktif.

3. Gunakan Tombol Navigasi sebagai pintasan Aplikasi

Pernahkah terpikir bahwa bar navigasi di ponsel Anda dapat digunakan untuk sesuatu yang lebih dari sekedar menutup dan membuka aplikasi terbaru? Aplikasi Button Mapper menawarkan fungsionalitas untuk menggunakan tombol yang sama untuk memicu berbagai aplikasi lainnya.

Anda dapat memetakan kembali kunci Anda untuk membuka aplikasi berdasarkan tindakan Anda seperti mengetuk dua kali pada tombol “Home”, “Recent” atau yang baru saja dilihat, dan tombol ‘’Back’’ atau kembali. Seperti contoh, jika Anda mengetuk tombol ‘’Home’’ dua kali maka akan memicu untuk membuka aplikasi kamera, atau mengetuk tombol ‘’recent’’ untuk membuka Gmail. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan tombol volume dan headset Anda untuk tujuan yang sama.

Menariknya, aplikasi ini juga memungkinkan menyesuaikan fitur Active Edge pada perangkat yang didukung seperti Pixel 2 dan Pixel 2 XL.</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">3. Menggunakan tombol recent untuk fitur split screen

Layar Android Anda dapat menampilkan dua aplikasi sekaligus loh! Memang bisa? 

Saat Anda membuka aplikasi Youtube misalnya, namun tetap ingin membalas pesan dari teman-teman Anda. Ini bisa saja terjadi dengan menggunakan tombol Recent yang biasanya ada di pojok kiri atau kanan bawah ponsel Anda.

Anda harus menekan kembali tombol Recent hingga sedetik atau dua detik hingga tampilan aplikasi di layar smartphone berubah.Pada layar smartphone tampilan aplikasi yang Anda buka tadi akan mengecil menjadi setengah layar. Pada bagian bawahnya tersaji pilihan aplikasi yang sebelumnya sudah Anda buka yakni dari tombol Recent. Pilih salah satu aplikasi yang ingin Anda tampilkan di bagian bawah, kini, Anda bisa melihat dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Lakukan langkah ini setiap Anda menggunakan fitur split screen.

Nah. itulah beberapa fitur  yang dapat Anda gunakan agar dapat memaksimalkan penggunaan Android. Hal-hal diatas juga menjadi bukti bahwa kecanggihan Android membuatnya sangat populer di pasar smartphone. Justru itu ada baiknya Anda memperdalam dunia Android, salah satunya dengan cara training tentang Android yang juga diadakan di Inixindo. Hanya di Inixindo, Anda akan menemukan training Android yang berkualitas dan bisa jadi menuntun Anda untuk lebih berpengalaman dalam mengembangkan Android. 

Langsung saja cek link berikut https://inixindo.co.id/index.php/trainings/mobile-dev/99-android 

Silahkan Login untuk memberikan komentar.