IT Forum

Dengan adanya browser, membuka jalan kita untuk berselancar dengan mudahnya di dunia internet. Berdasarkan W3Schools Salah satu browser yang sering digunakan oleh orang banyak adalah Chrome. Sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google. Salah satu alasan popularitas Chrome adalah User Interface  yang bersih dan halus serta fleksibilitasnya. ada banyak fungsi stok yang tertanam di seluruh isi Chrome yang bahkan mungkin tidak Anda ketahui. 

Kali ini inixindo akan memberi tips dan trik yang tersembunyi dalam menggunakan Chrome yang mungkin anda belum mengetahuinya.

 

  • Menggunakan “Incognito Mode” untuk menghindari pelacakan riwayat 

 

Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui tentang incognito mode atau mode penyamaran. 

Saat anda memasuki Incognito mode, maka browser anda tidak akan melacak riwayat pencarian browser anda, dan juga tidak akan menyimpan file cookie penelusuran apapun. Ini adalah pilihan yang baik ketika anda menggunakan mode ini bersifat privasi seperti  form login namun tidak pada device pribadi anda, ataupun saat sedang berbelanja, bahkan mode penyamaran tidak akan menunjukkan internet service provider anda.

Untuk membuka Incognito Mode, klik icon tiga titik di sebelah kanan atas, seperti pada gambar dibawah ini: 

 Kemudian pilih New Incognito Window seperti pada gambar dibawah ini:

Maka jendela mode penyamaran anda akan terbuka, seperti pada gambar berikut:

  • Membuka tab browser yang tidak sengaja tertutup 

Pernahkan anda tidak sengaja menutup tab browser? Padahal tab itu penting. Sepertinya hampir kebanyakan orang pernah melakukan kesalahan tersebut. Dan berterimakasih lah kepada Chrome yang bisa mentolerir kesalahan dan bisa membuat tab terbuka kembali, tanpa perlu capek melakukan pencarian ulang. Cukup lakukan klik kanan pada tab lain yang sedang terbuka, kemudian pilih “Reopen Closed Tab”  atau bisa menggunakan shortcut ctrl+shift+T seperti pada gambar dibawah ini :

  • Klik Kanan untuk pencarian google

 Jika anda pernah berada di halaman website dan menemukan kata atau frasa yang ingin anda ketahui lebih lanjut, Chrome menawarkan opsi pencarian bawaan yang mudah, Sorot kata yang ingin Anda cari, klik kanan, dan pilih "Search google for [kata]." Tab baru akan terbuka dan pencarian Google Anda akan muncul. Seperti pada gambar berikut ini :

Jika Anda menggunakan Mac, klik kontrol pada kata yang disorot untuk melakukan pencarian. 

Atau, Anda juga dapat menyorot kata atau frasa, lalu seret dan taruh langsung ke omnibox Chrome untuk melakukan pencarian web.

  1. Menambahkan link ke desktop

Chrome juga menawarkan cara bawaan untuk menambahkan tautan yang dapat diklik ke desktop Anda untuk digunakan nanti jika diperlukan di lain waktu. Cukup klik ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih More Tools> Create shortcut.

Di jendela pop-up, ketikkan nama dan klik create.

Ketika sudah di klik create Ini menciptakan tautan yang dapat diklik di desktop Anda dengan ikon untuk mewakili halaman.

  • Menghapus riwayat chrome 

Jika anda ingin menghapus riwayat pencarian anda di Chrome, cukup lakukan klik ikon titik tiga di kanan atas kemudian pilih More tools > Clear browsing data (atau tekan Control-Shift-Delete di PC dan shift-Command-Delete di Mac) 

Ketika window pop-up muncul Anda dapat menghapus semua atau memilih jenis informasi spesifik yang ingin Anda hapus: riwayat perambanan, riwayat unduhan, cookie dan data situs lainnya, gambar dan file cache, kata sandi, data isi ulang otomatis, pengaturan konten, data aplikasi yang dihosting , dan lisensi media. 

Jika anda sudah memilih bagian apa saja browsing datanya yang mau dihapus, klik “clear data” 

Sekian tutorial untuk 5 trik tersembunyi yang wajib anda ketahui pada browser chrome, semoga bermanfaat

Source : PCmag.com 

Rewrite : Inixindo (dengan beberapa perubahan)

Silahkan Login untuk memberikan komentar.