IT Forum

Hasil gambar untuk programmer

Dalam pemograman, variabel adalah suatu lokasi penyimpanan (di dalam memori komputer) yang berisikan nilai atau informasi yang nilainya tidak diketahui maupun telah diketahui. Variabel bisa dikatakan sebagai penyimpanan informasi atau data sementara di dalam pemrograman. Variabel bisa menyimpan data berupa integer, string dan lainnya.

Sama seperti variabel dalam bahasa pemograman lainnya, variabel dalam PHP digunakan untuk menampung nilai inputan dari user, atau nilai yang kita definisikan sendiri. Namun PHP memiliki beberapa aturan tentang cara penggunaan dan penulisan variabel. Nah berikut merupakan aturan pembuatan variabel pada PHP.

1. Variabel diawali dengan tanda dollar ($). Lalu diikuti dengan huruf atau underscore (_).  Dalam penulisan variabel tidak boleh menggunakan karakter khusus seperti * dan ^.

2. Hindari nama variabel yang sama dengan satu file, karena jika sebelumnya sudah ada maka variabel yang lama akan diganti dengan variabel yang baru dibuat.

3. Nama variabel tidak boleh menggunakan spasi atau white space karena nanti pada saat pemanggilan variabel akan terjadi error.

4. Nama variabel setelah dollar ($) tidak boleh didahului oleh angka.

5. Hindari penamaan variabel yang sama dengan keyword bawaan PHP, seperti echo, print dan print dbs. Karena pada saat ingin memanggil perintah echo, developer akan bingung apakah variabel adalah perintah.

Silahkan Login untuk memberikan komentar.