IT Forum

Untuk membangun sebuah Web Application tentunya salah satunya harus menguasai bahasa pemrograman PHP, dikarenakan PHP itu sendiri adalah bahasa wajib bagi para programer web dan menurut Wikipedia lebih dari 75% web server di dunia menggunakan PHP.

Seperti bahasa pemrograman lainnya, PHP juga memiliki aturan penulisan seperti case sensitivity (perbedaan antara huruf besar dan kecil), cara mengakhiri sebuah baris perintah, dan pengaruh penggunakan spasi dalam membuat kode program PHP. Berikut adalah aturan dasar penulisan kode PHP 

1. Case sensitivity, adalah besar kecilnya huruf akan berpengaruh pada saat program dijalankan.  PHP tidak membedakan huruf besar dan kecil (case insensitive) untuk penamaan fungsi (function), nama class, maupun keyword bawaan PHP seperti echo, while, dan class. Ketiga baris berikut akan dianggap sama dalam PHP, kecuali untuk penamaan variabel. Sering kali error terjadi dikarenakan salah menuliskan nama variabel, yang seharusnya menggunakan huruf kecil, ditulis dengan huruf besar.

2. Nama ekstensi file harus .php, selain ekstensi tersebut, web server tidak akan menganggapnya sebagai file PHP sehingga tidak akan memprosesnya. Maka pastikan file yang akan disimpan harus berekstensi .php

3. Gunakan Tag pembuka dan penutup <?php atau <?=

Pada dasarnya PHP adalah bahasa tag, dimana setiap file yang menggunakan bahasa PHP selalu diawali dan diakhiri tag php. Penulisan tag ini sangat dibutuhkan karena interpreter PHP akan memulai menerjemahkan kode awal PHP dari Tag pembuka PHP dan mengakhiri penerjemahannya pada tag penutup PHP. Lihat pada gambar dibawah ini :

4. Penulisan Statement pada PHP, statement adalah semua perintah yang akan  menginstruksikan PHP untuk melakukan sesuatu, dari perintah sederhana seperti menyimpan data ke variabel hingga perintah dengan logika yang rumit seperti if-else dan do-while. Setiap statement harus diakhiri dengan tanda semicolon (;) kecuali perintah yang menggunakan kurung kurawal {}, contoh seperti class, if else, do while, dll 

5. Aturan spasi, Tab, dan Enter pada PHP

Pada bahasa pemrograman PHP, aturan spasi tab dan enter tidak berpengaruh. Hal ini akan mempermudah kita untuk menulis script dengan baik dan dapat memecah statement menjadi beberapa baris agar mudah dibaca dan dimengerti oleh kita sendiri maupun programer lain. 

6. Penulisan komentar pada PHP, sama seperti bahasa pemrograman lain, PHP dapat menulis komentar. Komentar ini berfungsi untuk memudahkan kita mengingat script yang telah kita buat, juga dapat membantu programer lalin untuk memahami script yang kita buat. Pada PHP, kita dapat menulis komentar dengan menggunakan tanda // untuk satu baris komentar, dan /*..............*/ untuk komentar yang terdiri dari 1 baris atau lebih. Contoh penulisan komentar pada PHP sebagai berikut:

Demikian pembahasan mengenai aturan dasar dalam pemrograman PHP semoga bermanfaat. Sejauh ini untuk aturan dasar PHP tidak menyulitkan bukan? Nah untuk belajar lebih lanjut mengenai PHP, Inixindo membuka training Building Web Application with PHP and MySQL dan Building Web Application with PHP Codeigniter.

 

Silahkan Login untuk memberikan komentar.