IT Forum

Brendan Eich lahir pada 4 Juli 1961 di Pittsburgh, Pennsylvania. Eich mendapatkan gelar sarjana dalam bidang matematika dan ilmu komputer di Universitas Santa Clara. Dan pada 1985 dia mendapatkan gelar master dari University of Illinois at Urbana-Champaign.

Eich memulai karirnya sebagai operating sistem dan network code di Silicon Graphics. Kemudian ia bekerja selama 3 tahun di MicroUnity Systems Engineering untuk menulis microkernel dan DSP code.

Brendan Eich juga dikenal sebagai pencipta Javascript saat ia masih menjadi developer di Netscape pada pertengahan 90-an. Ia sebelumnya menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) di Mozilla selama lebih dari sembilan tahun. Brendan Eich menggantikan Gary Kovacs, yang pada tahun lalu mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri sebagai CEO Mozilla. Eich menambahkan bahwa pengembangan Firefox sebagai sistem operasi mobile adalah prioritas utamanya, khususnya untuk penggunaan di smartphone.

Selain Mozilla, Eich juga menciptakan bahasa pemrograman Javascript pada tahun 1995 saat menjadi seorang programmer di Netscape. Javascript awalnya diberi nama Mocha lalu diganti dengan LiveScript dan akhirnya menjadi Javascript. Netscape pada saat itu merupakan perusahaan software ternama yang memiliki web browser Netscape Navigator.

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.