IT Forum

Quasar adalah framework JavaScript yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi single-page yang bisa menggabungkan paket program JavaScript dengan komponen tunggal yang dikembangkan. Framework ini menawarkan lingkungan pemrograman yang komprehensif untuk pengembangan aplikasi modern nan responsif.

Quasar tersusun dari blok bangunan tingkat tinggi yang disebut komponen. Komponen ini bisa digunakan untuk membuat antarmuka aplikasimu dengan cepat.

Struktur Dasar

Strukturnya biasa ditulis sebagai komponen Web, sehingga terdapat beberapa bahasa pemrograman lain seperti HTML, CSS, dan JavaScript.

Untuk pembuatan kerangka aplikasi, pengembang Quasar menyediakan aplikasi baris perintah quasar-cli yang dapat diinstal melalui npm. Selain itu, aplikasi ini digunakan untuk membuat komponen aplikasi baru serta untuk menjalankan dan merancang aplikasi.

Multi – Platform

Keunggulan Quasar adalah adanya dukungan multi-platform. Sebuah proyek yang dibuat bisa dibagikan sebagai aplikasi single-page untuk browser desktop dan seluler.

Browser yang mendukung mencakup semua browser utama seperti Google Chrome, Firefox, IE11/ Edge, Safari, dan Opera.

Untuk tampilan asli pada perangkat seluler, pengembang bisa menyesuaikan gaya untuk setiap platform.

Kekayaan Pustaka

Dengan sejumlah komponen UI (VueJs), Quasar menyediakan pustaka yang besar dan terdokumentasi dengan baik. Selain itu, masing-masing komponen mudah diperluas dan disesuaikan. Begitu pun warna aplikasi, juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Quasar Play

Framework ini juga tersedia di Play Store dengan nama Quasar Play App. Menurut pengembang, dengan menggunakan versi iOS, pengembang dapat melihat aplikasinya secara langsung pada handphone atau tablet. Aplikasi ini juga tidak perlu diinstal atau dikompilasi ulang.

Kesimpulan

Dengan dukungan seluruh platform utama dan komponen aplikasi yang siap pakai, Framework Quasar adalah sebuah paket lengkap untuk pengembangan JavaScript.

Source: Viva
ReWrite: Inixindo

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.