IT Forum

Ryan Dahl merupakan seorang pencipta Node.js. Node.js adalah perangkat lunak yang didesain untuk mengembangkan aplikasi berbasis web dan ditulis dalam sintaks bahasa pemrograman JavaScript.

Pengalamannya dengan teknologi di dapat saat berumur 6 tahun, pada saat itu ibunya memberikannya Apple IIc.

Ryan Dahl merupakan salah satu mahasiswa pasca sarjana topologi aljabar di Universitas Rochester setelah sebelumnya mempelajari matematika di Universitas California.

Dahl pun menyadari jika dirinya tidak ingin menjadi seorang ahli matematika, karena itu dia keluar dari program PhD dan pindah ke Amerika Selatan yang akhirnya dirinya mendapatkan pekerjaan sebagai web developer. Dia bekerja di website Ruby on Rails yang merupakan sebuah perusahaan snowboard.

Ryan Dahl menciptakan NodeJS karena pencariannya terhadap teknologi yang mampu membuat performa sebuah website lebih cepat dan realtime. Dengan teknologi yang diciptakannya melalui NodeJS ini, performa web yang dibangun dapat lebih meningkat lagi. Hanya saja Ryan Dahl tidak terlibat dalam mengembangkan NodeJS secara langsung. Dahl lebih memilih menjadi advisordan membiarkan komunitas dan kontributor untuk membangun NodeJS.

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.