IT Forum

best programming languages for developing mobile apps

1. Java

Java adalah bahasa resmi pertama untuk mengembangkan aplikasi Android dan kini masih sangat diminati. Android Studio dan Eclipse adalah dua dari IDE utama yang mendukung pemrograman Java untuk Android.

2. Swift

Swift digunakan untuk mengembangkan aplikasi iOS, macOS, watchOS, tvOS, Linux dan z/OS. Swift dirancang untuk mengatasi masalah yang ditemukan pada Objective-C. Dikatakan sebagai bahasa yang lebih aman, Swift menghilangkan penggunaan unsafe code dan meningkatkan kualitas susunan kodenya, seperti variabel yang selalu diinisialisasi sebelum digunakan, pemeriksaan terhadap overflow array dan integer, serta pengelolaan memori secara otomatis.

3. Kotlin

Kotlin adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling trending saat ini setelah Google mengumumkannya sebagai bahasa resmi untuk pengembangan aplikasi Android. 

Kotlin sendiri mengatasi keterbatasan yang ditemukan dalam bahasa pemrograman Java untuk pengembangan aplikasi android.

4. JavaScript

Dengan Javascript, Kamu bisa membangun aplikasi seluler hybrid yang dapat berjalan di perangkat apa pun. Baik itu iOS, Android, Windows atau Linux. Ada banyak kerangka kerja dan lingkungan runtime yang dapat Kamu gunakan untuk membangun aplikasi hybrid dan lintas platform, seperti AngularJS, ReactJS, dan Vue.

5. Objective C

Objective C sangat populer di kalangan pengembang Apple sebelum Swift muncul dan masih banyak developer yang menggunakannya untuk pengembangan iOS hingga kini.

Bahasa objective C merupakan bahasa pemrograman berbasis obyek yang dikembangkan berdasarkan bahasa pemrograman C. Perbedaan bahasa pemrogaman Objective-C dengan bahasa pendahulunya yaitu bahasa pemrograman objective C memiliki Smalltalk-style messaging.

 

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.