IT Forum

1. Notepad++

Software ini menawarkan GUI yang sederhana dan menarik. Notepad++ dapat berjalan lancar di sistem operasi Windows dan mendukung sejumlah bahasa pemrograman.

Mulai dari Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, JavaScript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML dan masih banyak lainnya. Meski tampak sederhana, Notepad++ juga menyediakan beragam plugin khusus untuk mempermudah pekerjaan pengembang.

2. Sublime Text

Sublime menawarkan sejumlah fitur menarik seperti go to anything, command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, instant project switch, customize anything, dan plugin API.

Jika fitur tersebut masih kurang memadai, Sublime menyediakan segudang stock plugin yang dapat di-download dengan mudah. Text editor ini tersedia dalam dua versi, yakni berbayar dan gratis. Pastinya, versi berbayar menawarkan fitur yang jauh lebih lengkap.

3. Atom

Atom adalah text editor buatan salah satu komunitas atau layanan kolaborasi antar programmer yakni GitHub. Text editor yang satu ini disebut-sebut bisa dimodifikasi dengan mengubah beberapa file konfigurasinya.

Text editor ini bersifat open-source yang tersedia untuk sistem operasi OS X, Linux dan Windows. Atom juga menyediakan beragam plugin tambahan yang dapat diunduh secara bebas dan gratis.

4. Light Table

Terbentuk dari hasil penggalangan dana atau crowdfunding di Kickstarter, Light Table bisa disebut sebagai editor yang kekinian dan sangat inovatif.

Tersedia compiler khusus untuk mengetes kode yang ditulis oleh pengembang secara real-time. Selayaknya, text-editor lainnya, light table mendukung beragam bahasa pemrograman. Akan tetapi sebenarnya editor ini dikhususkan untuk bahasa Clojure, JavaScript, HTML dan CSS.

5. PhpStrom

Text editor ini menyediakan beberapa fitur pintar seperti completion atau suggestion cerdas, navigasi cepat, pengecekan error, bahkan ada fitur yang menarik yaitu auto-saving dimana pengembang tidak perlu takut kehilangan data karena setiap mengalami perubahan, text editor ini langsung menyimpan secara otomatis.

Sesuai dengan namanya, text-editor ini sebenarnya memfokuskan diri untuk pengembangan web dengan menggunakan bahasa pemrograman dinamis yakni php. Namun untuk kegiatan front-end yakni mendesain web dengan bahasa html, css, sass, dan lain sebagainya juga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Source: Droidlime
ReWrite: Inixindo

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.