IT Forum

IDE open source

1. IntelliJ IDEA Community Edition

IntelliJ IDEA Community Edition adalah IDE gratis untuk pemrograman Java. Beberapa bahasa pemrograman yang didukung oleh IDE ini termasuk pemrograman AndroidScalaJava SEJava, dan Groovy.

2. Android Studio

Android Studio adalah IDE open source yang kuat dan mendukung pemrograman Java. Meskipun sebagian besar dibangun untuk pemrograman Android, Kamu juga dapat menggunakannya untuk pemrograman Java.

3. Netbeans

Netbeans adalah IDE open source yang ditulis dalam Java dan untuk pemrograman Java. Sebagai perangkat lunak open source, Netbeans memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk meningkatkan fungsionalitasnya.

Untuk tujuan menarik lebih banyak orang, kini Netbeans pindah ke Apache. Selain Java, Netbeans mendukung bahasa pemrograman lain seperti C / C ++PHP, dan HTML5.

4. Eclipse

Dengan Eclipse, kamu bisa membuat aplikasi Java apa saja yang dapat berjalan di platform apa pun. Baik di web, seluler, dan desktop. Selain Java, Eclipse mendukung bahasa lain sepertiCPHPPerlPython, dan Ruby.

Meskipun pada awalnya dimaksudkan untuk Java, kini Eclipse memiliki berbagai aplikasi. Eclipse mendukung berbagai plugin dan ekstensi untuk bahasa lain.

5. BlueJ

BlueJ adalah IDE Java open source yang terutama dikembangkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan. BlueJ ditenagai oleh Java Development Kit (JDK) yang membantu menjalankannya dengan lancar.

BlueJ paling cocok untuk pemrograman berorientasi objek menggunakan Java, yang memungkinkan pengembang untuk membuat dan menguji objek. Grafiknya menunjukkan bagaimana kelas yang berbeda berinteraksi satu sama lain. Fitur ini membuatnya berbeda dari IDE Java lainnya.

Source: Teknologi.id
ReWrite: Inixindo

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.