IT Forum

6 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Pemrograman Swift

1. Mudah untuk pemula

Salah satu kekurangan dari Objective C adalah bahasanya yang sangat berbeda dengan bahasa pemrograman lain semisal Java, C#, ataupun Python. Perbedaan yang  itu adalah salah satu faktor yang menyebabkan sedikitnya minat para developer muda untuk belajar Objective C. Kita bisa lihat betapa sedikitnya developer lokal yang mau mengembangkan aplikasi iOS hanya karena masalah di bahasa pemrograman.

Nah, Apple akhirnya menciptakan Swift yang jika dilihat dari bahasanya jauh lebih mudah dibandingkan dengan Objective C yang terkesan rumit. Terbukti dengan adanya Swift, jumlah developer yang terdaftar menjadi meningkat (berdasarkan laporan Apple).

2. Lebih cepat

Swift adalah bahasa pemrograman yang super cepat. Swift diklaim lebih cepat dari Java, Objective C, maupun Python. Itu karena Apple memang mendesain Swift benar-benar dari awal, agar bisa bekerja dengan lebih cepat dari bahasa pemrograman lainnya.

Semakin cepat bahasa pemrograman, semakin cepat pula sebuah kode bisa dieksekusi. Pada akhirnya, aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan Swift akan semakin cepat pula kinerjanya.

3. Lebih ringkas

Swift jauh lebih ringkas bila dibandingkan dengan Objective C. Sebagai contoh, ini adalah potongan kode untuk membuat objek baru dengan menggunakan Objective C.

calculator = [[Calculator alloc] init];

Sedangkan, ini adalah potongan kode untuk membuat objek baru dengan menggunakan Swift.

calculator = Calculator ()

4. Open Source dan terus berkembang

Mulai dari versi Swift 2.0, bahasa ini berstatus “Open Source”. Itu artinya, akan lebih banyak pihak bisa ikut mengembangkan bahasa pemrograman yang satu ini.

5. Lebih aman

Bahasa pemrograman Swift merupakan bahasa pemrograman yang tergolong ke dalam bahasa yang aman. Bahasa pemrograman ini memiliki sesuatu yang sangat menarik, yaitu ia memiliki manajemen memori yang sangat bagus. Ini membuat para developer tidak perlu takut permasalahan tentang manajemen memori.

Source: Teknologi.id
ReWrite: Inixindo

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.