IT Forum

Hasil gambar untuk game development

1. TyranoBuilder Visual Novel Studio

TyranoBuilder Visual Novel Studio adalah salah satu aplikasi pembuatan visual novel paling populer saat ini. Kamu hanya perlu melakukan drag and drop tanpa membutuhkan proses coding.

Meski bisa digunakan dengan drag and drop saja, TyranoBuilder juga menyediakan fitur scripting bernama TyranoScript untuk pengguna mahir. Kamu bisa melakukan compile dan merilis visual novel karyamu di Windows, MacOS, iOS, Android, serta browser web yang mendukung HTML5.

2. Construct

Construct merupakan aplikasi pembuat gameyang secara khusus fokus pada game 2D, seperti platformerpuzzle, atau shooter. Seluruh objek dan perilakunya di layar bisa kamu atur dengan antarmuka drag and drop yang intuitif dan mudah digunakan.

Kelebihan utama Construct dibanding aplikasi lain adalah kamu bisa menggunakannya secara gratis untuk keperluan nonkomersial. Tapi bila ingin membuat game untuk dijual, kamu harus membayar lisensi tergantung dari berapa banyak keuntungan yang kamu dapat.

3. GG Maker

Aplikasi ini bisa membantumu membuat beragam game, mulai dari platformer sederhana, sampai RPG 3D yang rumit.

Fitur menarik dalam GG Maker adalah alat yang disebut Graphically Assisted Scripting. Dengan fitur ini, logika yang biasanya harus diketik dengan bahasa pemrograman bisa kamu implementasikan secara visual dalam bentuk diagram alir. Penguasaan logika di Graphically Assisted Scripting akan membantumu memahami cara kerja coding sungguhan.

4. Clickteam Fusion 2.5

Clickteam Fusion menyediakan editor drag and drop untuk membuat game 2D ataupun 3D. Bila GG Maker menggunakan diagram alir untuk implementasi logika, Clickteam Fusion memiliki fitur editor event frame-by-frame layaknya pembuatan animasi dengan Adobe Flash.

5. GameSalad

GameSalad diklaim sebagai program pembuatan game tanpa coding terbaik dengan dukungan output mulai dari iOS, Android, hingga permainan web berbasis HTML5. Apa yang membuat GameSalad menonjol adalah jumlah atribut pemrograman tanpa kodenya yang begitu beragam. Lewat keberadaan atribut ini, kamu bisa mengatur perilaku game yang buatanmu dengan metode drag-and-drop yang begitu simpel.

GameSalad diklaim telah digunakan oleh ribuan programmer yang telah merilis game masing-masing secara independen di platform mobile. Adapun beberapa game mobile yang dikerjakan menggunakan program GameSalad antara lain Get_Fiquette, Mazes of Karradash, dan lain-lain.

Source: Trentech
ReWrite: Inixindo

Anda bisa mengikuti training Pemrograman yang kami sediakan antara lain:

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.