IT Forum

Inilah, 5 Server Website Open Source Terbaik dan Terpopuler

1. Apache HTTP

Apache HTTP adalah salah satu server web paling populer. Server web menggunakan arsitektur modular yang memungkinkan modul tambahan untuk tertanam di dalamnya untuk tujuan memperluas fitur-fiturnya.

Sebagai server web open source, Apache HTTP tersedia bagi siapa saja dan digunakan tanpa biaya.

2. NGINX

Server ini dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah yang dikenal sebagai masalah C10K. Masalah ini berarti merancang server web yang mampu menangani banyak koneksi bersamaan pada suatu waktu.

NGINX ditenagai oleh arsitektur asinkron yang bertanggung jawab untuk menangani beberapa sesi bersamaan. NGINX juga ringan dan mudah diukur. Selain digunakan sebagai server web, NGINX juga dapat digunakan sebagai server proxy.

3. Apache Tomcat

Karena bentuknya yang ringan, Tomcat sangat fleksibel dan dapat dengan mudah disesuaikan. Kamu dapat menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan spesifik aplikasi webmu dan dapat dioptimalkan untuk stabilitas. Ini akan memastikan bahwa aplikasi website mu berfungsi dengan baik tanpa mengalami hambatan.

Apache Tomcat memberikan tingkat keamanan ekstra. Server ini memiliki firewall tambahan yang hanya dapat diakses di tingkat instalasi Apache. Ini menjadikannya server yang ideal untuk aplikasi website yang aman.

4. Node.js

Node.js adalah enviroment JavaScript side-server untuk aplikasi berbasis web yang juga termasuk server website.

Satu hal yang membedakan Node.js dan server website lainnya adalah environment runtime lintas platform. Node.js adalah server web serbaguna. Server ini kompatibel dengan berbagai jenis database termasuk CouchDB, MongoDB, MySQL, dan database NoSQL.

5. Lighttpd

Lighttpd memiliki kebutuhan memori yang lebih kecil daripada kebanyakan server website. Server ini juga memiliki beban CPU kecil yang membuatnya cepat. Server website ini menggunakan arsitektur berbasis event yang dioptimalkan untuk koneksi paralel.

Lighttpd mendukung penulisan ulang URL, kompresi Output, dan FastCGI. Ini adalah server yang ideal untuk framework Ruby dan Rails.

Source: Teknologi.id
ReWrite: Inixindo

Anda bisa mengikuti training Web yang kami sediakan antara lain:

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.