IT Forum

WordPress

WordPress merupakan CMS yang fleksibel, bisa digunakan sebagai website penjualan online, blog pribadi, dan website profil perusahaan. WordPress menawarkan kemudahaan dalam pembuatan dan penyesuaian dengan kebutuhan pengguna. Tidak hanya itu, WordPress juga memberikan layanannya secara gratis dengan fitur yang sangat lengkap.

Open source menjadi nilai tambah untuk WordPress sehingga proses pengembangan bisa terus berjalan dan semua orang bisa berkontribusi dalam versi terbaru. Kemudahan ini memberikan dampak juga terhadap semakin banyaknya plugin yang bisa digunakan sebagai fitur tambahan. Tidak terkecuali fitur e-commerce seperti WooCommerce yang bisa ditambahkan pada CMS WordPress.

Data terbaru menunjukan bahwa WordPress menguasai 60,1% Market Share dengan jumlah website yang aktif sampai dengan 19,882,189 website dari total website yang tersedia di internet sebanyak 374,464,532.

Market share : 60,1 %

Website aktif : 19,882,189

Situs populer : BBC America, Time, The Rolling Stones, Beyonce, TechCrunch, Justin Bieber

Joomla

Joomla menjadi CMS terbaik nomer dua setelah WordPress dengan jumlah total website aktif di internet sebanyak 2,004,962 atau hanya 10% dari jumlah website WordPress yang aktif. Joomla menjadi pilihan yang baik jika ingin membangu website untuk aplikasi online.

Proses instalasi juga sangat sederhana mudah tidak perlu membutuhkan pengetahuan yang khusus dalam backend atau front end proses pengembangan website. Biasanya penyedia layanan hosting juga memberikan pilihan untuk melakukan proses instalasi CMS ini hanya dengan single klik saja.

Market share : 6,2%

Website aktif : 2,004,962

Situs populer : Holiday Inn Express, U.K National Crime Agency, OpenVPN, High Charts

Drupal

Drupal menjadi salah satu CMS terbaik yang banyak digunakan di seluruh dunia. Dibangun dengan dukungan komunitas yang sangat besar, Drupal mampu merebut kepercayaan beberapa pengguna CMS. Drupal juga sama dengan WordPress, menawarkan berbagai fitur dengan gratis dan bisa menambahkan plugin yang setiap saat bisa ditambahkan.

Drupal juga bisa digunakan untuk membuat segala macam website. Jika hanya mempunyai pengetahuan teknis yang terbatas, itu tidak masalah. Drupal memberikan kemudahan sekalipun pengguna masih belum terlalu  paham tentang CMS.

Market share : 4,2%

Website aktif : 939,413

Situs populer : Linux, Harvard University, GE Transportation

Magento

Magento merupakan CMS yang ditargetkan untuk pengguna yang ingin membangun website penjualan dan toko online. Magento pertama kali diluncurkan pada tahun 31 Maret 2008 dan dikelola oleh Magento Inc. Untuk menambahkan fitur – fitur pada website yang menggunakan Magento, ada ekstensi yang bisa dimanfaatkan untuk menambah beberapa fitur tambahan yang dibutuhkan dan juga sistem pembayaran yang dilayani pada toko online.

Market share : 2,3%

Website aktif : 233,056

Situs populer : Land Rover, Bulgari, G2A, Kinguin, YMEUniverse

Shopify

Shopify merupakan CMS yang saat ini sedang mulai berkembang dan mendapatkan banyak apresiasi. Shopify merupakan e-commerce dari Kanada memulai mengembangkan produknya sekitar tahun 2013. CMS ini dianggap lebih mudah dan lengkap dengan fitur yang ditawarkan seperti tampilan, hosting, manajemen produk, tool-tool penjualan, fitur pengiriman barang dan berbagai metode pembayaran. Sayangnya CMS ini berbayar sehingga pengguna harus rela mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakan CMS premium ini.

Pengguna bisa mencoba selama 14 hari jika ingin merasakan bagaimana layanan Shopify sebelum melakukan pembelian. Meskipun masih baru saat ini sudah banyak panduan yang bisa digunakan untuk menggunakan CMS ini, namun kebanyakan masih berbahasa inggris.

Saat ini sudah ada 742,441 website aktif yang menggunakan Shopify dan terus meningkat dan sekitar 1,251,722 menggunakannya selama ini.

Market share : 2,1%

Website aktif : 742,441

Situs populer : WaterAid, The Economist, Sunday Somewhere, Penguin Books

Source: Trentech

Anda bisa mengikuti training Web yang kami sediakan antara lain:

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.