IT Forum

1. Melakukan penambahan atau upgrade RAM Melihat dari kebutuhan software saat ini minimal RAM yang dianjurkan adalah sebesar 8GB. Untuk itu cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan melakukan upgrade RAM minimal ke 8GB.

2. Mengganti HDD menjadi SSD Salah satu hal yang membuat laptop lambat, yaitu karena kecepatan data dari hard disk ke prosesor lambat. Untuk mengatasinya, sebaiknya mengganti hard disk ke SSD. Maka hasilnya prosess booting jauh lebih cepat dan laptop lebih responsif.

3. Rutin melakukan scanning antivirus Jika laptop kita terkena virus maka akan berpengaruh terhadap kinerja dari laptop tersebut. Disarankan untuk melakukan full-scanning pada laptop.

4. Uninstall software yang tidak perlu. Terkadang anda akan menginstall banyak software. Dan kenyataannya, banyak dari software tersebut sebenarnya bukan primer bagi kamu. Jika dibiarkan maka akan mempengaruhi kinerja dari laptop kamu juga lho Untuk itu agar laptop bisa berjalan optimal, lakukan uninstall terhadap software-software yang tidak terpakai tersebut.

5. Menghapus File Tidak Berguna dengan Disk Cleanup Disk Cleanup merupakan fitur bawaan dari windows (Jika OS Windows) yang berfungsi untuk menghapus menghapus temporary files, mengosongkan Recycle Bin, serta system files dan item-item lain yang sudah tidak kamu butuhkan lagi. Terkadang, jumlah space kosong setelah kita melakukan Disk Cleanup cukup besar lho dan dapat meningkatkan performa laptop.

6. Melakukan perawatan hardware rutin. Kebanyakan pada menyepelekan hal ini. Ternyata agar bisa tetap optimal, laptop perlu dilakukan perawatan. Setidaknya kamu harus melakukannya minimal setahun sekali. Lakukan pembersihan mulai dari kipas, motherboard, hingga penggantian thermal paste.

7. Menginstal ulang OS Jalan ini merupakan jalan terakhir atau bisa dikatakan jalan pintas jika memang OS kamu sudah terlalu parah. Ini dikarenakan pemakaian software yang tidak optimal dan tidak responsif.

You are not authorised to post comments.

Comments powered by CComment

Silahkan Login untuk memberikan komentar.