Inixindo mengadakan seminar Blockchain 101 di Universitas Satya Negara Indonesia. Seminar ini dibawakan oleh Didik Partono selaku Direktur Inixindo dan juga Prihantoosa selaku Sekjen AOSI (Asosiasi Open Source Indonesia).


Blockchain merupakan salah satu model teknologi baru yang memungkinkan pengiriman data antara beberapa entitas secara aman dan dapat dipercaya. Sebelum ada Blockchain, jika kita melakukan transaksi terutama transaksi digital (transfer uang), ada sebuah lembaga atau trusted body yang dipercaya semua pihak. Jadi jika kita bertransaksi melalui lembaga itu, maka semua sepakat jika transaksi itu sah.


Blockchain digunakan untuk mencatat transaksi yang dilakukan dengan cryptocurrency, seperti Bitcoin, dan memiliki banyak aplikasi lain.
Di masa depan, Blockchain bisa digunakan bukan hanya untuk uang digital namun juga bisa digunakan untuk transaksi apapun seperti pengiriman medical record. Karena Blockchain bisa diterapkan diberbagai macam teknologi yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi tanpa menunjuk sebuah trusted body.