IT Forum

Apple Rilis iOS 11.4.1, Tambahkan Fitur Keamanan

Apple baru saja merilis iOS 11.4.1. Memang, sebagian besar pengguna iOS telah tidak sabar menunggu berbagai fitur baru yang akan dirilis pada iOS 12. Namun, update terbaru ini mengandung fitur keamanan penting yaitu USB Restricted Mode.

FItur itu berfungsi untuk melindungi iPhone dari USB yang digunakan oleh polisi atau pihak ketiga lain untuk menembus passcode pada iPhone dan menghindari perlindungan enkripsi dari Apple, lapor The Verge.

Fitur ini ada pada menu Settings di bawah opsi Face ID (atau Touch ID) & passcode. Di sini, Anda akan melihat opsi baru: USB Accessories. Secara default, opsi itu berada dalam keadaan nonaktif.

Itu artinya, ketika iPhone atau iPad Anda telah dikunci selama lebih dari satu jam, iOS tidak akan mengizinkan USB untuk terhubung ke perangkat.

Jika Anda ingin menghubungkan USB ke perangkat Anda bahkan setelah iPhone Anda terkunci beberapa waktu, Anda bisa mengaktifkan opsi USB Accessories.

Keputusan Apple untuk menambahkan USB Restricted Mode memang meningkatkan keamanan data pengguna. Namun, hal ini bisa membuat mereka dibenci oleh kepolisian atau badan lain yang ingin mendapatkan informasi yang tersimpan dalam iPhone yang menjadi barang bukti.

"Kami terus menerus memperkuat perlindungan keamanan di setiap produk Apple untuk membantu pelanggan melindungi diri dari hacker, pencuri identitas dan ancaman ke data pribadi mereka," kata Apple dalam pernyataan resmi.

"Kami menghormati kepolisian dan kami tidak mendesain fitur keamanan baru kami untuk membuat mereka merasa frustasi."

Apple sempat beradu dengan FBI pada 2016 ketika mereka menolak untuk membuka kunci dari iPhone dalam kasus penembakan di San Bernardino.

Ketika itu, Apple menolak untuk membuat software khusus yang memungkinkan FBI untuk melewati fitur keamanan pada iPhone yang didesain untuk melindungi data yang terenkripsi di semua perangkat iOS.

Source: MetroTV

Silahkan Login untuk memberikan komentar.