IT Forum

Hampir 5 juta smartphone Android diduga terinstal malware bernama Rottensys sejak dalam pabrikan. Demikian berdasarkan laporan yang dipublikasikan oleh perusahaan keamanan digital Check Point Research.

"Check Point Mobile Security Team telah menemukan malware yang menyerang setidaknya 5 juta pengguna Android untuk mendapatkan keuntungan iklan dengan cara curang. Mereka menamakannya sebagai RottenSys karena sampel yang kami temui awalnya disamarkan sebagai layanan sistem Wi-Fi," demikian tertulis dalam analisis Check Point sebagaimana dikutip dari Techworm.

Beberapa merek Android yang diduga terinfeksi malware ini antara lain termasuk pabrikan terkemuka.

Berbagai perangkat yang terinfeksi ini diduga telah didistribusikan oleh distributor smartphone pihak luar bernama Tian Pai yang berada di Hangzhou, Tiongkok.

Berdasarkan keterangan Check Point Mobile Security Team yang menemukan malware tersebut di ponsel Xiaomi Redmi, RottenSys merupakan malware tingkat tinggi yang menyamarkan dirinya sebagai peranti untuk membantu mengatur koneksi Wi-Fi.

Kendati begitu, alih-alih mengamankan layanan Wi-Fi pada pengguna, aplikasi justru meminta izin-izin sensitif untuk membaca kalender pengguna hingga izin untuk mengunduh tanpa pemberitahuan. Hal ini tentu tak berhubungan dengan layanan Wi-Fi.

Source: Liputan6
ReWrite: Inixindo

Silahkan Login untuk memberikan komentar.