IT Forum

Ilustrasi WhatsApp.

Pekan lalu, layanan pesan singkat WhatsApp mengumumkan kerja sama dengan raksasa mesin pencari Google. Pengguna bisa menyalin (backup) semua data di WhatsApp ke Google Drive tanpa mengurangi kuota kapasitas penyimpanan yang tersisa.

Kebijakan ini mulai berlaku pada 12 November mendatang dan khusus untuk pengguna Android. Kendati begitu, pengguna WhatsApp harus segera memperbarui backup datanya dari sekarang.

Pasalnya, semua backup yang tak diperbarui selama setahun akan hilang dari Google Drive per 12 November nanti, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (23/8/2018), dari situs resmi WhatsApp.

Google juga mulai menyebar e-mail pemberitahuan bagi pengguna Drive, meminta mereka melakukan backup data WhatsApp mulai sekarang.

E-mail pemberitahuan dari Google tentang backup data WhatsApp.

Backup yang dilakukan saat ini masih memakan kapasitas penyimpanan Google Drive, sebab kebijakan barunya belum dicanangkan. Artinya, Anda harus memastikan memori Google Drive cukup menampung semua data WhatsApp yang dianggap penting.

Cara mem-backup data kita di WhatsApp cukup mudah, buka aplikasi WhatsApp di Android, pilih “Settings”, “Chats”, “Chat backup”, lantas “Back up to Google Drive”.

Tentu saja Anda harus memiliki akun Google yang teraktivasi di smartphone. Perlu dicatat pula, data WhatsApp yang Anda backup tak akan terlindungi oleh sistem enkripsi end-to-end dari layanan bernuansa hijau tersebut.

Kebijakan baru WhatsApp dan Google ini bisa dibilang bermanfaat agar Anda tak perlu kehilangan data percakapan lama jika diperlukan di masa mendatang.

Source: KompasTV

 

Ikuti training Android & iOS dibawah ini untuk memaksimalkan skill yang Anda miliki.

Silahkan Login untuk memberikan komentar.