IT Forum

  1. Pencarian kata kunci berdasarkan tipe file.

Banyak orang yang membutuhkan beberapa jurnal berbentuk PDF ataupun dokumen untuk keperluan tugas kuliah maupun presentasi namun biasanya Google tidak hanya menunjukkan hasil pencarian dalam bentuk PDF maupun docx tapi juga dalam bentuk blog. Untuk memaksimalkan pencarianmu gunakan penambahan kata kunci filetype:pdf atau filetype:docx pada setiap pencarian yang kamu lakukan.

  1. Mendapatkan hasil hanya dari satu situs web.

Bagi kamu yang ingin melakukan pencarian hanya dari satu situs tertentu, kamu bisa menggunakan kata kunci seperti Komputer site:inixindo.co.id dengan begitu hasil pencarian hanya akan menampilkan dari situs web inixindo.co.id.

  1. Melakukan pencarian yang mengandung judul tertentu pada website.

Untuk mendapatkan informasi pencarian yang lebih akurat, kamu bisa menggunakan keyword allin yang akan membantu kamu untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan Judul ataupun URL

  • Allintitle: keyword : Akan menunjukkan hasil yang mengandung keyword dari judul yang kamu cari. Allinurl: keyword : Akan menampilkan semua hasil yang mengandung keyword URL yang dicari.
  • Allintext: keyword : Menampilkan semua hasil yang mengandung keyword dalam pencarian teks tertentu.

Contoh : allintitle: programming, maka Google hanya akan menampilkan halaman web yang memiliki judul programming.

  1. Menghilangkan hasil pencarian yang tidak diinginkan.

Setiap melakukan pencarian di Google, kadang kala kamu menemukan beberapa sumber yang tidak relevan dengan keyword yang kamu inginkan. Untuk menyiasatinya kamu bisa menyisipkan tanda strip (-). Sebagai contoh, kamu ingin mencari keyword yang berhubungan dengan kecepatan Jaguar dengan menghilanghkan hasil yang berhubungan dengan mobil maka kamu bisa mengetikkan Jaguar Speed – Car.

  1. Mencari definis dengan cepat.

Kamu bisa melakukan pencarian definisi dari suatu kata dengan menggunakan keyword Define sebagai contoh kamu ingin mencari definisi programming maka kamu bisa menulis define:programming.

  1. Melakukan penghitungan/ kalkulator

Kamu juga bisa melakukan penghitungan menggunakan mesin pencari Google. Caranya kamu hanya tinggal mengetik angka yang ingin kamu hitung misalnya (30*5)/10 maka secara otomatis Google akan memberikan tampilan kalkultor beserta hasil dari penghitungan tersebut.

  1. Batasan pencarian angka

Saat melakukan pencarian sumber artikel ataupun blog, kamu bisa dengan mudah membatasi tahun dari penayangan artikel tersebut yaitu dengan menggunakan keyword tahun..tahun. Sebagai contoh kamu ingin mencari artikel tentang komputer maka kamu bisa mengetikkan komputer 2016..2017 maka hasil pencarianmu hanya akan menampilkan tahun 2016 dan 2017.

Silahkan Login untuk memberikan komentar.