IT Forum

Program Oversight

Kunci keberhasilan bisnis dapat didukung dengan pengawasan program yang mengelola keseluruhan koordinasi tersebut. Program pengawasan memerlukan kemampuan untuk komunikasi yang baik antar divisi, pengalaman identifikasi risiko dan hambatan, membuat keputusan yang tepat dan cepat.

Product Manager

Salah satu tugas dari seorang manajer produk adalah mampu menerjemahkan produk yang tepat sesuai dengan visi perusahaan dan memberikan solusi kepada pengguna dengan keterbatasan yang ada baik dari sisi sumber daya maupun waktu. Selain itu kemampuan yang perlu dimiliki adalah luwes dalam berkomunikasi, kemampuan mendengar, mempunyai kemampuan influence yang tinggi, dan kolaborasi.

Strategy & Ecosystem Analyst

Merencanakan dan menetapkan strategi secara keseluruhan yang dapat membangun produk. Baik strategi yang dibangun untuk dilaksanakan perusahaan secara internal maupun analisis strategi kemitraan yang cocok bagi produk dan perusahaan.

Marketing Expert

Beberapa kontribusi dan tanggung jawab dari marketing expert adalah merancang advertising yang sesuai dengan segmen pasar, membentuk image brand sesuai dengan strategic management, maintain positioning brand dalam segmen pasar, menciptakan dan mengembangkan market untuk mencapai target dan mengevaluasi penerapan strategi serta membuat program-program baru yang dapat meningkatkan brand.

Consumer Insight Expert

Melalui kesesuaian visi perusahaan dengan rencana produk yang akan diluncurkan, tim consumer insight expert bertugas untuk melakukan analisis terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen akan produk yang dikembangkan. Kemudian melakukan testing, apakah produk tersebut diterima oleh calon pengguna dan apakah masih ada beberapa layanan yang perlu diperbaiki atau ditambahkan maupun dikurangi.

Human-Centered Designer

Tim ini memiliki tugas untuk melakukan penelitian terhadap perilaku konsumen dan merancang desain industri. Berdasarkan hasil analisis perilaku konsumen maka perusahaan dapat merancang kreasi bentuk, konfigurasi, komposisi garis atau warna atau gabungan keduanya baik berbentuk dua dimensi atau tiga dimensi yang memberikan nilai estetis pada produk yang akan dikembangkan.

Investor

Selain memberikan dana untuk keberlangsungan operasional, investor memiliki peran dalam memperluas jaringan bisnis, kreatif dan pengembangan. Dengan bantuan koneksi dari investor, bisnis yang dijalankan dapat memiliki peluang untuk masuk ke komunitas yang nantinya dapat meningkatkan nilai perusahaan melalui kerjasama – kerjasama yang dilakukan.

UX/UI Designer

Tugas utama dari seorang UX/UI desainer adalah merancang pengalaman pengguna baik desain elemen maupun alur proses dalam mengakses produk agar mudah dipahami dan digunakan. UI Desainer biasanya akan bekerja bersama dengan UX desainer atau malah keduanya adalah orang yang sama.

IT Architect

Sistem yang dibangun, diimplementasikan dan di maintain untuk menjelaskan bagaimana orgnaisasi IT dan elemen manajemen informasi bekerja sama untuk efisiensi dalam mendukung tujuan dari organisasi. Melalui Peran IT Architech dapat meningkatkan kemampuan dalam sharing dan efisiensi dalam proses untuk menghasilkan informasi, merespon perkembangan teknologi yang cepat dan mengurangi biaya.

Developer

Developer atau programmer bertugas untuk mengimplementasikan persyaratan teknis ke dalam suatu produk yang dikembangkan melalui teknologi. Melakukan pengkodean di setiap unit pemrograman, memasukkan data ke dalam database, membuat script untuk mengakses database dan menghubungkan tabel-tabel database serta melakukan uji coba kinerja program pada setiap unit pemrograman.

Source: Teknologi.id
ReWrite: Inixindo

 

Anda bisa mengikuti training Pemrograman yang kami sediakan antara lain:

 

Silahkan Login untuk memberikan komentar.