Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi

Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi

Durasi : 3 Hari Pelatihan + 1 Hari Ujian

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan dan Ujian Sertifikasi ini memberikan kepada para peserta berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sehingga menjadi kompeten dalam melaksanakan tugas sebagai seorang pengelola layanan Teknologi Informasi atau CIO (Chief Information Officer) di organisasinya. Berbagai hal yang akan mampu dilakukan oleh peserta antara lain adalah mengelola layanan TI, menyelaraskan layanan TI dengan kebutuhan organisasi, menyusun strategi layanan TI, mengelola insiden, masalah, serta resolusi masalah TI, dan memantau tingkat layanan TI. Setelah mengikuti pelatihan serta lulus ujian sertifikasi ini, maka peserta akan mendapatkan pengakuan sebagai seorang pengelola layanan Teknologi Informasi yang kompeten dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Tujuan Pelatihan

  • Dalam pelatihan ini, peserta akan mempelajari cara :
  • Memberikan Pelayanan TI Sesuai Dengan Bisnis Yang Dijalankan
  • Menyediakan Layanan Berdasarkan Tingkat-Tingkat Tertentu
  • Memberikan Pelayanan Produk-Produk Teknologi Informasi Sesuai Kebutuhan Bisnis
  • Menetapkan Resolusi Dan Masalah Terhadap Seluruh Aktivitas Seluruh Siklus Hidup TI
  • Mengelola Insiden Yang Terjadi
  • Memantau Pelayanan Prosedur Tingkat Layanan

Target Pelatihan
Pihak yang ingin mendapatkan Sertifikasi Klaster Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Teknologi Informasi Bidang Manajemen Layanan Teknologi Informasi.

Prasyarat Peserta Pelatihan
Peserta sudah memiliki pengetahuan dasar tentang pengelolaan layanan teknologi Informasi (Information Technology Service Management).

Output Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta akan memiliki kompetensi dalam Skema Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi sebagai berikut :

  • TIK.SM02.004.01 Memberikan Pelayanan TI Sesuai Dengan Bisnis Yang Dijalankan
  • TIK.SM02.003.01 Menyediakan Layanan Berdasarkan Tingkat-Tingkat Tertentu
  • TIK.SM02.009.01 Memberikan Pelayanan Produk-Produk Teknologi Informasi Sesuai Kebutuhan Bisnis
  • TIK.SM02.011.01 Menetapkan Resolusi Dan Masalah Terhadap Seluruh Aktivitas Seluruh Siklus Hidup TI
  • TIK.SM02.012.01 Mengelola Insiden Yang Terjadi
  • TIK.SM03.006.01 Memantau Pelayanan Prosedur Tingkat Layanan
  • Bila peserta berhasil lulus ujian sertifikasi, maka akan mendapatkan Sertifikasi Klaster Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi berdasarkan SKKNI Sektor Teknologi Informasi Bidang Manajemen Layanan Teknologi Informasi.

Garis Besar Pelatihan

  1. Penyusunan Pelayanan TI Sesuai Kebutuhan Organisasi
    Pengelolaan Siklus Pengembangan Teknologi Informasi
    Pengelolaan Sumber Daya Manusia
    Pengembangan Strategi Pengelolaan Sumber Daya
  2. Pengelolaan Layanan Berbasis Tingkatan
    Pemantauan Kinerja Pelayanan
    Analisa Peningkatan Tingkat Pelayanan
    Penentuan Tingkat Layanan
    Pengelolaan Katalog Layanan
    Pengembangan Strategi Layanan
  3. Penyediaan Layanan Produk TIK Sesuai Kebutuhan Organisasi
    Pemberian Layanan Operasional
    Pemberian Layanan Pemeliharaan dan Instalasi TI
    Pembuatan Konsep, Kebijakan, Standar, dan Prosedur Pemeliharaan TI
  4. Pengelolaan Resolusi dan Masalah TI
    Identifikasi Masalah Siklus TI
    Dokumentasi Aktivitas Siklus Hidup TI
    Penetapan Resolusi Terhadap Masalah Siklus TI
  5. Pengelolaan Insiden TI
    Penanganan Terhadap Insiden TI
    Analisa Insiden TI
    Dokumentasi Aktivitas Penanganan Insiden TI
    Pembuatan Konsep, Kebijakan, Standar, dan Prosedur Pengelolaan Insiden TI
  6. Pemantauan Pelayanan TI
    Evaluasi Tingkat Layanan
    Analisa Tingkat Layanan
    Audit Tingkat Layanan

Ujian Sertifikasi Klaster Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi

  • Tes Tertulis
  • Demonstrasi Konseptual
  • Wawancara

Hubungi Kami