Home

Semakin teknologi berkembang, maka ancaman peretasan semakin berkembang juga. Karena itu perusahaan memerlukan seorang staff yang khusus (Incident Handlers) untuk menangani permasalahan terkait insiden keamanan komputer.

Dani Ampriyanto selaku instruktur Inixindo sekaligus pembicara dalam seminar Incident Handling & Computer Forensic mengatakan jika incident itu bisa berupa suatu percobaan an authorized access seperti tracking password seperti email kantor.

Seorang incident handlers harus menangani incident yang terkait keamanan informasi karena terkait dengan aset bisnis. Jika keamanan informasi perusahaan lemah maka, bukan tidak mungkin jika informasi yang terkait dengan data perusahaan akan mudah dicuri.

Ancaman incident paling banyak bersumber dari manusia seperti kesalahan operator, virus hingga tindakan teroris. Dan kedua bersumber dari alam seperti banjir, gempa bumi dan lain sebagainya. Namun dalam hal ini seorang Incident handlers harus menganalisa serta mengantisipasi sebelum ancaman itu terjadi.

Dalam sesi pertanyaan yang diajukan oleh peserta via Instagram, salah seorang peserta mendapatkan reward karena mengajukan pertanyaan yang menurut instruktur cukup berbobot. Pertanyaan yang diajukan peserta ialah tentang bagaimana incident handling pada kasus email yang access breach. Selain itu, peserta yang menjawab pertanyaan yang diajukan via Instagram juga turut mendapatkan reward.