Home

Inixindo kembali mengadakan seminar yang bertema Digital Competence Framework. Seminar tersebut membahas seputar transformasi digital yang terjadi pada industri 4.0 serta bagaimana langkah-langkah yang harus perusahaan butuhkan agar sukses bertahan dalam menghadapi era digital serta mampu menaikkan pendapatan perusahaan secara radikal.

Framework digital kompetensi sendiri terdiri dari mengelola data, informasi, dan konten digital, berkomunikasi dalam lingkungan digital serta berkolaborasi melalui teknologi digital, penciptaan konten digital, perlindungan data, dan mengidentifikasi kebutuhan dan sumber daya digital.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan yang gulung tikar, padahal sebelumnya perusahaan-perusahaan tersebut bisa dikatakan sebagai perusahaan besar. Salah satu hal yang mengakibatkan perusahaan tersebut bangkrut atau diambil alih ialah karena mereka tak mau bertransformasi, seperti yang dialami oleh Yahoo. Dilansir oleh ID Techinasia, Yahoo tak menghiraukan kebutuhan untuk mengembangkan inti bisnis di mesin pencari karena merasa dirinya tak mungkin gagal. Nyatanya di zaman ini, mesin pencari merupakan satu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang.

Andi Yuniantoro selaku pembicara sekaligus instruktur Inixindo mengatakan jika kunci sukses di era transformasi digital adalah SDM perusahaan itu sendiri. Perusahaan yang ingin bertransformasi juga harus didukung oleh setiap pimpinan (leader). Para pemimpin juga harus memiliki kemampuan untuk dapat membawa perusahaannya bertransformasi serta mengikut sertakan karyawan dalam setiap perusabahan yang dilakukan.

Perusahaan juga harus memiliki 3 kemampuan digital untuk dapat bertransformasi yaitu pengalaman digital yang dirasakan oleh customer, perusahaan sudah menggunakan aspek digital dalam proses kerjanya dan melakukan perubahan model bisnisnya ke digital.

Selain itu, Inixindo juga mengadakan sesi tanya jawab yang dilakukan via Instagram yang mana peserta akan menjawab serta bertanya di kolom komentar yang disediakan. Salah seorang peserta bertanya tentang bagaimana cara mempertahankan bisnis sustainabilty dengan profit dan dampak yang radikal. Untuk peserta dengan pertanyaan terbaik dan jawaban tercepat, Inixindo memberikan hadiah yang juga bernuansa digital yaitu Top-Up GoPay.