Home

Workshop IOT

Inixindo mengadakan workshop IoT yang berlangsung pada Rabu (3/5) di Inixindo Jakarta yang dihadiri oleh Harjono selaku Instruktur. Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman tentang Internet of Things (IoT) kepada peserta sehingga nantinya peserta dapat membuat perangkat Internet of Thingsnya sendiri.

Workshop yang berlangsung selama 6 jam tersebut dibuka tentang pembahasan Revolusi Industri 4.0. Perlu diketahui jika penerapan Internet of Things itu sendiri disebut sebagai Revolusi Industri 4.0. Lalu dilanjutkan dengan proses instalasi Arduino serta praktik langsung yang salah satunya membahas tentang sensor-sensor yang digunakan dalam perangkat IoT.

Salah satu sensor yang digunakan ialah sensor pengukur jarak yang digunakan untuk mengukur jarak diantara dua benda. Peserta juga mendapatkan demo langsung dari Instruktur tentang penggunaan dari sensor pengukur suhu dan temperatur.

Tak sampai disitu saja, setelah workshop usai peserta juga mendapatkan sebuah tugas yang dinamai ‘Project Sunnah’ yang mana dalam project tersebut peserta diminta untuk membuat sebuah Alarm Parkir. Alarm tersebut dapat membantu seseorang saat memarkirkan kendaraannya dengan cara mundur. Nantinya saat alarm tersebut dipasang di mobil, alarm tersebut akan mengeluarkan bunyi, semakin dekat mobil dengan dinding atau pembatas maka semakin kencang alarm tersebut berbunyi.

BI Inteligence sebuah perusahaat riset memprediksikan jika di tahun 2020 terdapat lebih dari 24 milyar perangkat IoT. Yang berarti setiap orang di dunia akan memiliki setidaknya 4 perangkat IoT.

IoT memberikan banyak manfaat salah satunya adalah penghematan listrik. Dengan bantuan IoT, listrik bisa secara otomatis menyala disaat ada manusia disekitarnya dan mati secara otomatis disaat tidak ada manusia.

Untuk membuat perangkat IoT diperlukan sebuah Raspberry PI 3 dan Arduino. Raspberry PI 3 adalah sebuah komputer berukuran kecil yang bisa dihubungkan ke perangkat komputer. Sedangkan Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang.

Workshop IOT