Home

Seminar Cisco Inixindo

Saat ini masih banyak pengguna yang menggunakan tanggal lahir sebagai password atau pin akun pribadinya. Padahal kini sangat mudah mencari data seseorang hanya dengan menggunakan mesin pencari seperti nama lengkap, tanggal lahir dan lainnya.

Dalam seminar Network Device Management and Security on Cisco yang Inixindo adakan, Abdul Cholic selaku pembicara dan juga instruktur Inixindo menjelaskan jika seorang attacker melakukan serangan tidak pernah melihat calon korbannya melainkan karena ada kesempatan. Salah satunya adalah kurang amannya password yang digunakan.

“Salah satu teknik serangan yaitu mengumpulkan informasi-informasi calon korban di sosial media. Ternyata si A menyukai ini dan ini.” Tutur Abdul Cholic.

Untuk membuat password yang aman, Abdul Cholic menjelaskan bagaimana cara membuat password yang aman tanpa mudah diketahui oleh orang lain. Pengguna bisa membuat sebuah kalimat, kalimat apa saja yang mudah diingat bisa lirik lagu ataupun quotes terkenal. Dari kalimat tersebut ambil setiap huruf dari awal kata perkata untuk dijadikan sebuah password. Contohnya kalimat Saya pergi ke kantor setiap jam 7 pagi, dari kalimat tersebut pengguna bisa membuat password dengan kombinasi ‘SPKKSJ7P’. Dengan begitu password yang pengguna gunakan akan susah ditebak oleh orang lain.

Saat ini banyak sekali orang-orang yang bisa melakukan hacking meskipun bukan seorang IT Security ataupun mahasiswa Ilmu Komputer. Karena itu penting bagi kita untuk membuat password dengan kombinasi yang sulit.